7 Tips Menghias Rumah Menjelang Liburan Natal - Mortgage Master Blog

7 Tips Menghias Rumah Menjelang Liburan Natal


- by Admin Person
dekorasi-natal.jpg

Menjelang akhir tahun, apa lagi yang ditunggu-tunggu kalau bukan perayaan Natal dan Tahun Baru. Di momen yang identik dengan selebrasi ini, suasana liburan semakin kental terasa, baik di kantor, pusat-pusat perbelanjaan, jalanan, sampai rumah sekalipun. Jika Anda termasuk yang merayakan Natal, pasti ingin hunian Anda turut memancarkan semangat Natal bukan?

Menghias rumah dengan suasana Natal tidak harus mahal. Ada cara-cara mudah dan pastinya murah yang bisa Anda lakukan. Berikut ini Mortgage Master akan membagikan sejumlah tips untuk Anda mendekorasi hunian agar perayaan Natal makin meriah bagi Anda dan keluarga.

1. Perbanyak warna merah dan hijau

Nuansa Natal identik dengan warna merah dan hijau. Oleh karena itu, untuk memancarkan semangat Natal di rumah, perbanyak mengaplikasikan kedua warna ini untuk dekorasi dan hiasan di rumah.

Tak perlu membeli perabotan atau dekorasi baru, Anda bisa cek barang-barang di rumah yang memiliki kedua unsur warna tersebut dan memajangnya di ruang-ruang di rumah. Mulai dari sarung bantal sofa, karpet, figura foto, atau dekorasi meja dan dekorasi gantung, semuanya bisa Anda pamerkan dan pajang menjelang Hari Natal. Dengan begitu, nuansa Natal akan semakin terasa tanpa Anda harus mengeluarkan uang atau upaya ekstra.

2. Hias pohon Natal sekreatif mungkin

Perayaan Natal tentunya tidak lengkap tanpa kehadiran pohon Natal di rumah. Meski demikian, tak perlu membeli pohon Natal megah dan besar untuk memaksimalkan efek selebrasi ini di hunian Anda. Yang penting, Anda mampu menghiasnya sedemikian rupa sehingga tampak cantik dan mewah.

Sekarang Anda bahkan bisa membuat pohon Natal sendiri dengan memanfaatkan barang-barang yang mudah dijumpai di sekitar kita, seperti ranting, buku, sampai botol bekas dan gelas plastik. Semakin unik dan berbeda pohon Natal milik Anda, justru akan semakin menjadi perhatian bagi tamu yang datang nantinya.

3. Manfaatkan tanaman-tanaman hijau

Karena hijau merupakan salah satu warna yang identik dengan perayaan Natal, cara paling mudah mengaplikasikan warna ini di dalam rumah adalah dengan memanfaatkan tanaman dan memajangnya di berbagai sudut rumah.

Dengan cara ini, maka rumah Anda akan terlihat lebih “hijau” secara natural. Untuk memberikan sentuhan Natal, Anda bisa memberikan efek warna merah di pot tanaman atau menambahkan ornamen lampu gantung. Alternatif lain, Anda juga bisa menghias tanaman dengan kertas glossy atau glitter untuk membuatnya lebih meriah.

4. Perbanyak ornamen-ornamen Natal

dekorasi-natal-1.jpg

Banyak ornamen Natal yang bisa Anda pilih untuk menghias hunian Anda, mulai dari miniatur hewan-hewan khas Natal, hiasan dengan tema Santa Klaus, miniatur bintang, sampai dengan bola-bola Natal. Harganya pun bervariasi, sehingga Anda bisa lebih leluasa memilih yang memang sesuai dengan bujet.

Ornamen-ornamen ini bisa Anda pajang di sekitar ruang tamu dan bagian-bagian rumah lain yang kiranya paling terlihat oleh tamu yang datang ke rumah. Alih-alih membeli hiasan Natal baru, Anda juga bisa lebih kreatif dan memanfaatkan barang-barang yang sudah ada di rumah untuk ini. Misalnya, memajang kaos kaki dengan dominan warna merah dan hijau, atau menggantung hiasan-hiasan Natal DIY.

5. Perhatikan pencahayaan

Elemen lain yang tak kalah penting untuk menghidupkan suasana Natal di rumah adalah efek cahaya. Natal identik dengan perayaan hari besar bersama keluarga dan kental dengan rasa hangat serta kebersamaan. Untuk menambah nuansa hangat, Anda dapat mengaplikasikan cahaya dengan efek keemasan, seperti dari cahaya lilin.

Gunakan lilin tradisional atau lilin elektrik di beberapa sudut ruangan untuk menciptakan suasana hangat di rumah. Anda juga bisa memasang lampu-lampu gantung LED dengan cahaya keemasan di dinding atau pohon Natal Anda. Selain rumah jadi terasa lebih hangat, ini juga akan membuat hunian Anda terlihat lebih cantik dan elegan.

6. Hias bagian luar rumah

Tak hanya interior rumah, bagian luar rumah juga penting dihias dengan dekorasi Natal jika Anda ingin mendapatkan suasana Natal yang optimal. Anda bisa menghias pagar, halaman, dan pintu masuk rumah Anda dengan ornamen-ornamen Natal.

Menggunakan lampu gantung LED merupakan salah satu cara paling umum yang bisa dilakukan untuk menghias area outdoor. Kelap-kelip lampu membuat hunian terlihat cantik dari luar. Anda juga bisa menambahkan hiasan wreath atau rangkain bunga berbentuk lingkaran di pintu masuk dan menambahkan ornamen-ornamen Natal di halaman rumah, seperti miniatur gnome, Santa Klaus, kurcaci, atau kereta Santa.

7. Suguhkan hidangan khas Natal

Tak hanya Lebaran yang punya hidangan khas seperti ketupat dan opor, Hari Raya Natal juga punya hidangan khas tersendiri berupa kue Natal gingerbread dan candy cane.

Kedua camilan khas Natal ini tak hanya lezat, tapi juga memiliki bentuk yang imut dan menggemaskan. Jadi fungsinya tak hanya sebagai hidangan untuk tamu yang berkunjung, tapi sekaligus bisa menjadi ornamen Natal di rumah. Suguhkan kedua makanan ringan ini saat perayaan Natal untuk membuat suasana selebrasi Anda semakin meriah.

Itulah tadi sejumlah tips menghias hunian untuk merayakan Natal di rumah bersama keluarga dan kerabat. Tak hanya mudah, semua tips di atas dapat Anda terapkan tanpa mengganggu bujet bulanan Anda. Semoga perayaan Natal Anda tahun ini jadi lebih berkesan dan tak terlupakan!

Posted in Rumah dan Properti on Dec 11, 2022